Minggu, 04 Juni 2017

Corak Kain Batik dan Kain Kotak untuk Seragam Sekolah SD, SMP, SMA

Sebelum merencanakan dan memutuskan, menetapkan penggunaan seragam batik di sekolah, alangkah eloknya jika kita mengenal tentang sejarah batik, agar siswa lebih memahami, menghargai sekaligus bangga memakai karya budaya bangsa sendiri. Ada banyak produsen batik di Indonesia, diaantaranya beberapa produsen memfokuskan produksi batik motif khusu untuk seragam batik sekolah. Pun demikian juga kain motif kotak, beberapa produsen fokus membuat kain motif kotak untuk sekolah mengingat sangat besarnya pangsa pasar pengguna di dunia pendidikan. Tentu tidak semua produsen batik dimaksud diulas di sini. Saya coba mengulas batik kotak yang biasa kami produksi di konveksi kami aja he he he.....


Salah satu produk batik yang disukai sekolah-sekolah yang dikenal dengan sebutan Batik JM atau Batik Jaya Makmur batik atau kotak yang sering kami buat dengan design sesuai pesanan pelanggan di berbagai penjuru tanah air. Batik keluaran JM ini 100% Katun dengan semboyan dagang Batik Adalah Gaya dan Budayaku.

Ada dua katalog batik yang dikeluarkan Batik JM yaitu Batik JM Edisi 1 terdiri dari 67 motif batik dan Batik JM Edisi 2 terdiri dari 56 motif design batik. Dari 123 design atau motif batik terbitan batik jm ini menjadi koleksi motif batik yang bisa kita pilih untuk pembuatan batik sekolah, meskipun tidak selalu untuk batik sekolah saja. Batik JM juga bisa dibuat untuk batik seragam kerja.

Corak Batik Indonesia
Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga memopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil minat kepada batik, dan hasilnya adalah corak bebungaan yang sebelumnya tidak dikenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.

Begitu juga ketika corak kain kotak menjadi pilihan motif seragam sekolah, tak lepas dari pengaruh budaya fashion yang berkembang. Sebagaimana kita ketahui, kain motif kotak menjadi motif kain seragam yang ngetrend menjadi motif seragam sekolah pelajar  di asia bahkan dunia. Sesuai dengan budaya di masing-masing negara tak terkecuali model seragam kotak inipun "mewabah" di Indonesia.

Berikut produk kain batik dan kain kotak yang menjadi pilihan bamyak sekolah di Indonesia:

Batik JM









Kain Kotak JM








Batik Merk Lainnya
Selain Batik JM, motif kain batik yang banyak diminati sekolah yang sering kami produksi adalah batik berlabel / kode Kain Kotak JJS, Kain Kotak SLS, Kain Kotak CL JJ, Kain Kotak YD, Kain Kotak CL, Kain Kotak King, Kain Kotak YK, Kain Kotak Scot. Untuk kain kotak atau batik ini harganya variasi dari yang termurah sampai yang agak mahal. Batik dan kotak ini berbahan beragam sesuai dengan kode kain dan harganya, ada batik kotak berbahan poly katun, full katun, casmilon - semi wol.

Konsultasikan rencana pengadaan batik/kotak sekolah Bapak/Ibu ke Alamat Kontak Elbiwan Konveksi WA/Tlp.085215356186



Katalog Batik Katun 1
Katalog Batik Katun 2
Katalog Kain Kotak 1
Katalog Kain Kotak 2
Katalog Kain Kotak 3
Katalog Kain Kotak 4
Katalog Kain Batik BSY
Katalog Kain Batik JM
Katalo Kain Kotak JM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar